Tips Membuat Animasi Dengan Motion Grafis

Bagi Kamu Yang Pemula, Tips Membuat Animasi dengan Motion Grafis Ini Akan Sangat Membantu. Kamu sering melihat gambar yang bergerak-gerak? Atau kamu sering melihat sebuah gambar mengeluarkan suara? Semua itu ternyata ada ilmunya. Hal itu merupakan bagian dari motion grafis. Tentu kamu akan bertanya-tanya apa itu motion grafis?

Motion grafis sendiri merupakan sebuah cabang ilmu yang dapat menggabungkan fotografi, videografi, tipografi serta ilustrasi dengan menggunakan teknik animasi. Motion sendiri berarti gerak. Jadi sudah pasti hasil yang diperoleh berupa gambar yang bergerak.

Kamu tentu pernah membaca brosur dan sejenisnya. Gambar dan tulisan tersebut dibuat oleh seorang desai grafis. Namun apa jadinya jika materi tersebut berada di tangan motion grafis? Tentu akan berbeda. Pada pakar motion grafis, materi brosur akan jauh lebih menarik. Gambar akan lebih hidup dan bisa bergerak.

Hal sederhana lainnya bisa kamu lihat pada sebuah video atau website seseorang. Jika kamu mendapati sebuah huruf yang bisa bergerak-gerak atau gambar yang dapat mengeluarkan audio, sudah dipastikan itu merupakan salah satu output dari motion grafis. Menarik, ya?

Tidak mudah untuk bisa menghasilkan satu karya motion grafis. Untuk itu kamu harus tahu tips membuat animasi dengan motion grafis agar mengurangi kesalahan. Ini penting untuk disimak. Pastikan kamu bisa mengikutinya.

Dalam membuat sebuah efek bergerak diperlukan ketelitian yang tinggi. Selain itu, kamu juga harus memahami istilah-istilah yang akan digunakan. Nah, tidak hanya sampai disitu, beberapa tips lainnya seperti di bawah ini.

Pilih Software Yang Tepat

Untuk menjadi sebuah karya yang bergerak, tidak serta merta kamu memanfaatkan apa yang ada pada PC. Terlebih dahulu kamu harus memiliki beberapa macam software penunjang. Beberapa diantaranya seperti software adobe ilustrator, adobe photosop, adobe premiere, maxon cinema 4D, adobe after efect, adobe audition, adobe edge animate, dan google web designer.

Imajinatif

Apakah dengan memiliki sofware sudah menjamin seseorang untuk bisa menghasilkan karya motion grafis? Tentu saja tidak. Seseorang tidak akan bisa menjadi desainer motion grafis hanya karena menguasai atau mempunyai software tersebut. Kamu harus memiliki daya imajinasi yang tidak. Jadi, ketika akan menentukan sebuah pergerakan, kamu bisa membayangkan hasilnya seperti apa.

Pandai Memilih Moment

Tips membuat animasi dengan motion grafis selanjutnya adalah kamu harus pandai dalam memilih moment. Kapan gambar harus kerlap-kerlip, gambar yang keluar masuk, kamu harus tahu waktunya. Penentuan moment ini sangat mempengaruhi keindahan grafis itu sendiri. Ini juga berhubungan dengan durasi.

Memang terlihat sederhana. Tapi, tahukah ini tidak semudah yang kita baca? Terlebih setiap penggunaan software harus benar-benar jeli. Kamu harus tahu kapan mesti digunakan. Pemberian efek juga harus tepat. Pemilihan ukuran juga tidak bisa kamu abaikan. Semua berperan penting meski sedikit.

Untuk menghasilkan karya yang sederhana saja tidak mudah. Kamu harus benar-benar memikirkannya. Mengerjakan desain motion grafis memang membutuhkan ketelitian tingkat dewa. Jika tidak, hasilnya akan sangat tidak memuaskan. Maka itu, kamu harus mempelajari setiap tips membuat animasi dengan motion grafis. Tidak ada salahnya untuk belajar pada yang ahlinya.

Untuk bisa menjadi seorang desainer yang handal, kamu bisa mempelajarinya melalu media internet. Di youtube juga sudah ada yang mempraktekannya. Kamu bisa mengikuti setiap langkah demi langkah. Ini akan sangat membantu. Selain itu, kamu bisa mengkombinasikannya dengan pengetahuan dari para ahli. Kamu perlu mentor untuk bisa mahir membuat karya motion grafis secara profesional.

Untuk menjadi profesional motion grafis kamu tidak hanya belajar cara penggunaan software saja. Kamu juga perlu memperhatikan tips membuat animasi dengan motion grafis agar mendapat jalan pintas untuk menghasilkan karya yang baik. Anda yang ingin membuat motion grafis sendiri memang harus banyak memerlukan waktu untuk terus berlatih.

Membuat motion grafis penting dilakukan di era digital sekarang ini untuk melakukan berbagai tindakan seperti promosi produk. Maka dari itu usahakan untuk selalu update perkembangan dunia motion grafis agar karya Anda selalu menjadi pilihan untuk banyak orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *